Blogger Widgets

Saturday, October 1, 2011

3 Cara Memanfaatkan Fungsi Desain Grafis

Setidaknya ada tiga cara bagaimana sebuah perusahaan mengaplikasikan pekerjaan desain grafis. Yaitu secara informatif, artistik & informatif dan strategis. Ketiga hal ini bisa dijalankan satu per satu misalnya informatif saja, artistik saja atau bisa djalankan secara simultan ketiganya sekaligus.



1. Informatif

Di sini perusahaan lebih mementingkan fungsi informasi saja, yang penting informasi yang ingin disampaikan bisa dibaca oleh audience. Sedikit sekali memberikan porsi pada segi artistik apalagi strategi. Tapi hal ini bukan berarti bahwa perusahaan tersebut kurang memperhatikan segi artistik dan strategi. Biasanya ada dua alasan, yang pertama karena bisa saja memang output desainnya bersifat reguler dan tidak menuntut lebih banyak, misalnya pembuatan flyer reguler. Yang kedua, skala besar kecil perusahaan atau kemampuan budget yang dimilki.

2. Artistik Informatif

Kalo yang ini, selain memikirkan bagaimana informasi yang ingin disampaikan bisa dibaca oleh audience, desain juga harus tampil menarik dan artistik. Walalupun dengan catatan, segi artistik jangan sampai menganggu informasi yang ingin disampaikan.

3. Strategis

Biasanya perusahaan dengan jenis ini akan menjalankan ketiga fungsi secara simultan sekaligus. Selain informasi harus bisa dibaca oleh audience, dikemas dalam tampilan artistik, desain juga harus berfungsi strategis dan persuasif. Proses desain pun akan menghadapi tantangan yang lebih dikarenakan tambahan proses riset untuk lebih mengenal audience dan mengeksplorasi konsep dibalik tampilan visual. Contoh mengenai hal ini adalah pembuatan identitas perusahaan atau Corporate Identity.

Sekali lagi tentunya ketiga hal tersebut akan dijalankan sesuai dengan skala budget perusahaan, jenis kebutuhan dan urgensinya. Perusahaan kecil mungkin hanya memikirkan fungsi informatif dan artistik saja tapi beda lagi jika sebuah perusahaan multinasional ingin melakukan redesign corporate identity misalnya.

Desain grafis memang sudah melekat dalam keseharian kita, di mana-mana kita berinteraksi dengan gambar, dari sejak zaman gua batu sampai era digital sekarang ini, dari desain warung pecel lele sampai desain logo budget milyaran semuanya adalah desain grafis, namun dengan level yang berbeda-beda.

0 komentar: