Blogger Widgets

Wednesday, October 19, 2011

Pelajaran Tentang Percaya Diri

Alkisah ada sepasang suami istri yang sedang melakukan perjalanan jauh dengan membawa seekor keledai. Si istri dengan santainya berjalan menuntun keledai yang sedang ditunggangi suaminya. Ketika melewati salah satu kota, orang-orang sekitar yang melihat kondisi tersebut mencemooh si suami, karena menurut mereka harusnya istrinyalah yang lebih pantas menunggangi keledai daripada suaminya. Mendengar perkataan-perkataan tersebut suami istri tersebut kemudian berubah pikiran, sehingga kemudian mereka bertukar tempat, suaminya yang menuntun keledai sedang istrinya yang menunggang keledai.


Sampailah mereka di kota berikutnya. Tiba-tiba datang beberapa orang warga kota menghampiri mereka dan kemudian berkata "bukankah lebih pantas jika si suami yang naik keledai?" Mendengar hal tersebut mereka menjadi bingung. Setelah berunding, mereka pun mengambil sebuah keputusan.

Ketika mereka melewati kota berikutnya, beberapa warga kota melihat sepasang suami istri menuntun keledai tanpa ditunggangi! Mereka pun berkata "kenapa salah satu dari kalian tidak menunggangi keledai yang kalian bawa, bukankah keledai itu kendaraan dalam perjalanan kalian?"

Mereka berunding lagi, dan seterusnya

Cerita ini saya dapatkan dari seorang teman ketika kami sedang mendiskusikan desain format sebuah buku, teman saya yang satu merasa bimbang mengenai bagus enggaknya desain yang sedang dibuat, teman saya yang satu lagi berusaha menasehati agar dia percaya diri. Salah satunya dengan menceritakan kisah ini. Setidaknya cerita ini memberikan pelajaran tentang pentingya mempunyai sikap dan percaya diri dengan apa yang sudah kita anggap benar. Terutama dalam bidang seni dan desain di mana berlaku 1+1 bisa jadi jawabannya 3!

0 komentar: